Kamis, 13 Oktober 2011

GOOD PRACTICE OF MATHEMATICS TEACHING THROUGH LESSON STUDY AND TEACHERS PROFESSIONAL DEVELOPMENT


By: Dr. Marsigit, M.A.
Reviewed by : Nafian Nurul Aziz (09301249005).

Untuk mengembangkan pengalaman, para guru juga perlu berpartisipasi dalam lokakarya atau seminar. Dengan menggunakan bahan-bahan mengajar guru-guru dapat melakukan proses belajar mengajar lebih efisien. Dalam usaha mengembangkan metode pengajaran guru juga perlu merenanakan scenario mengajar seperti langkah-langkah pembelajaran, kegiatan siswa pada saat pembelajaran, peran guru dalam pembelajaran. Pelajaran akan mengalami  peningkatan jika siswa mendapatkan antusiasme, motivasi, kegiatan, dan kinerja dari guru. Butuh waktu bagi guru untuk beralih dari pembelajaran berpusat pada guru kepada yang berpusat pada siswa. Guru mengembangkan metode pengajaran yang didasarkan pada kegiatan dalam kehidupan sehari-hari dengan memanfaatkan bahan lokal.
Selanjutnya, studi ini juga merekomendasikan bahwa untuk meningkatkan kualitas matematika dan ilmu pendidikan, pemerintah pusat perlu: mengimplementasikan kurikulum yang lebih cocok yaitu satu sederhana dan lebih fleksibel, Siswa belajar aktif dan terlibat dalam diskusi untuk berbagi ide diantara teman-teman sekelas. Siswa menikmati belajar dengan merespon, pelajaran itu tidak begitu formal, isinya lebih mudah untuk belajar, mampu mengekspresikan ide-ide mereka, siswa punya banyak waktu untuk diskusi dengan mereka teman sekelas, lebih percobaan sains dan matematika. Siswa menikmati  proses belajar karena mereka terlibat dalam mengamati dan melakukan hal-hal. Bahan pengajaran juga meningkatkan motivasi siswa dan minat dalam belajar. Meskipun ada  materi pengajaran yang telah dikembangkan melalui kegiatan Lesson Study.
Proyek Lesson Study  terbukti sangat efektif dalam mengangkat semangat siswa dalam ilmu belajar, membantu siswa untuk mengembangkan eksperimental mereka dan keterampilan diskusi, dan dalam memberikan kesempatan kepada siswa dalam mengembangkan konsep ilmiah mereka sendiri. Ia juga melaporkan bahwa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme, para siswa dapat menemukan gaya terbaik dalam belajar. Kompetisi meningkat antara kelompok-kelompok siswa dalam mempresentasikan hasil pekerjaan mereka dan dalam mempertahankan presentasi mereka. Ini memaksa siswa untuk belajar teori, lebih- lebih untuk kepentingan mereka sendiri. Sebagai hasil dari kegiatan Lesson Study ada banyak bahan pengajaran yang dikembangkan baik oleh dosen atau guru. Bahan-bahan yang baik dikembangkan oleh dosen atau guru di kelas mereka sendiri atau oleh dosen dan guru sama, selama kegiatan Lesson Study.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar