Kamis, 17 Januari 2013

KESIMPULAN BELAJAR FILSAFAT



Tidak terasa sudah satu semester belajar Filsafat matematika yang menurut saya masih kurang untuk memahami filsafat. Pada awalnya mengikuti pelajaran ini sangat sulit dan sama sekali tidak faham, tetapi dalam berjalannya waktu sedikit demi sedikit mulai mengerti tentang filsafat. Menurut saya filsafat sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun berfilsafat harus hati-hati dalam menggunakannya karena tidak semua yang kita jalani membutuhkan filsafat. Dan tidak semua orang memahami filsafat kita. Sangat berbahaya jika segala sesuatu dikaitkan dengan filsafat. Filsafat merupakan pola pikir yang mempunyai arti berbeda-beda sesuai dengan tingkatannya.
Satu semester belajar filsafat belum begitu memahami dan masih sedikit bingung. Dengan dengan berakhirnya mata kuliah filsafat pendidikan matematika bukan berarti kita telah selesai dan habis untuk belajar filsafat, akan tetapi justru disinilah semuanya berawal. Awal atau dasar dalam belajar filsafat yang selanjutnya bisa belajar dimasyarakat dengan pengalaman-pengalaman yang baru dan awal dari perjalanan kita untuk makin memantapkan filsafat kita dan menerapkan dalam segala aspek kehidupan baik secara ontologi, aksiologi maupun epistemologi. Sehingga kita mampu menjadi para pendidik yang berkarakter dan berbudi pekerti sehingga bisa memberi contoh tauladan dan panutan bagi anak didik kita. Saya yakin bertambahnya pengalaman akan merubah pola pikir dan berkembang menjadi lebih baik lagi.
Terimakasih buat Bapak Marsigit sebagai dosen yang mengajarkan filsafat matematika. Banyak ilmu yang saya dapatkan selama mengikuti pelajaran ini. Banyak manfaat juga buat masa depan saya untuk melanjutkan proses belajar saya yang InsyaAlloh kontinue. Pesan dan pengalaman bapak sangat meginspirasi saya dan membuat keinginan saya meniru pengalaman-pengalaman bapak. Pembelajaran yang sangat berkesan dan akan selalu ingat dengan metode yang selama ini diterapkan karena berbeda dengan yang lain. Elegi-elegi karya bapak sangat bermanfaat dan membantu saya dalam memahami filsafat dan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan beberapa bacaan, teori, mengikuti perkuliahan Filsafat pendidikan matematika, mengikuti Blog dan Elegi dan pengalaman yang kami timba dari Bapak melalui perkuliahan tatap muka serta pengalaman pribadi dalam kerja atau kehidupan sehari-hari, informal atau formal dengan merentang dalam ruang dan waktu yang kami mampu, kami menyadari bahwa bangunan Filsafat yang kami daptkan masih Sangat sederhana
Saya minta maaf jika selama mengikuti pelajaran yang bapak ampu banyak kekurangan yang belum sesuai dengan harapan dari Bapak Marsigit. Semoga ilmu yang saya dapat dari bapak bermanfaat dan berguna buat semuanya. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar