Dalam penelitian terhadap siswa kelas 8 smp yang mempelajari tabung , volume bola dan volume kerucut lingkaran tegak menggambarkan upaya siswa yang berfikir induktif, berpikir analogis, berpikir deduktif, berpikir abstrak, berpikir yang mengkhususkan diri, berpikir yang melambangkan, pemikiran yag menyatakan nomor, mengkuantifikasi dan angka. Maka siswa dapat menggunakan metode melalui skema kegiatan belajar mengajar.
Didalam Keputusan Sisdiknas no 20 tahun 2003 menegaskan bahwa sistem pendidikan harus mengembangkan kecerdasan dan ketrampilan individu, menunjukkan perilaku yang baik, patriotik dan memiliki tanggung jawab sosial. Pemerintah juga telah menerapkan kurikulum berbasis sekolah untuk pendidikan dasar dan menengah. Tujuan dalam pembelajaran matematika yaitu untuk memahami konsep, ketrampilan berpikir, mengeluarkan ide-ide matematika, mengembangkan apresiasi dan mendorong kemauan untuk menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mepelajarinya siswa menggunakan media agar dalam penerapannya sehari-hari bisa merasakan kehidupan dengan matematika.
Diadakan penelitian tersebut diharapkan agar siswa dapan mengembangkan metode matematika untuk diterapkan ketindakan. Ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang semakin pesat harus diimbangi dengan kemampuan diri untuk memilih mana yang benar dan mana yang salah. Siswa harus bisa mengembangkan kemampuan dan ketrampian tidak hanya untuk meniru metode orang lain .kemampuan mengeksekusi masalah matematika menimbulkan siswa tersebut dapat mengatasi masalahnya sendiri. Sehingga siswa mempunyai konsep mengembangkan ketrampilan, mempelajari fakta-fakta dan memperoleh strategi untuk nmemecahkan masalah. Karena pemikiran matematika harus menjadi tujuan pengajaran matematika. Ciri Pemikiran matematika yaitu bisa berpikir induktif, berpikir analogis, berpikir deduktif, berpikir integratif ( berpikir luas), bisa mengetahui kondisi, berpikir untuk bisa menyederhanakan.
Didalam pemikiran matematika harus mempunyai fokus berpikir dengan bisa mengetahui makna dari kata-kata, kondisi yang penting, situasi untuk mempertimbangkan. Semua itu perpaduan antara abstraksi dan idealisasi.
Penelitian terhadap siswa kelas 8 dalam mempelajari tabung, bola, dan kerucut tersebut bertujuan untuk mempromosikan siswa dalam menggunakan metode matematika. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data terdiri dari kuisioner, wawancara, pengamatan pelajaran, VTR pembelajaran. Dalam memulai pembelajaran guru menggunakan cara diskusi dan ceramah. Kemudian guru membiarkan siswanya mengamati, mengidentifikasi dan mendefinisikan konsep pelajaran tersebut.
Matematika harus diterapkan dalan situasi alami, setiap masalah yang muncul dan bagaimana cara menyelesaikannya maka perlu menggunakan metode matematika. Pengetahuan, ketrampilan, dan metode matematika merupakan dasar untuk mencapai pengetahuan tentang ilmu pengetahuan informasi dan bidang pelajaran lain. Pada studi ini guru memiliki peranan penting untuk mendorong siswa dalam mengembangkan metode matematika.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar