By: Dr. Marsigit
Reviewed by: Nafian Nurul Aziz (09301249005)
Program kegiatan pelatihan mengajar matematika melalui VTR ada manfaatnya bagi guru. Guru merasa model VTR dapat diterapkan di Indonesia dan itu tidak mudah karena banyak kendala yang harus dilalui. Kendala-kendala tersebut dating dari:
a) Rencana pelajaran
b) Lembar kerja siswa
c) Kompetensi
d) Kesiapan guru dan siswa
e) Fasilitas dan peralatan pendidikan
f) Metodologi mengajar
g) Alokasi waktu
h) Jumlah siswa
i) Penganggaran
Dalam menerapkan metode tersebut guru perlu meningkatkan kompetensi dalam menyiapkan rencana pelajaran dan membuat lembar kerja siswa. Memang tidak semudah seperti pada saat pelatihan dalam penerapannya karena sebagian besar siswa belum siap dan butuh waktu untuk malakukannya. Untuk sekolah yang sudah lengkap fasilitasnya dan yang sudah menerapkan praktek pengajaran dengan alokasi waktu dengan baik bisa diterapkan disekolah tersebut. Guru tidak hanya mengajar dengan kompetensi yang mereka miliki tetapi mereka juga menuntut pemerintah untuk memberikan fasilitas dan meningkatkan gaji.guru mengharap peningkatan pengembangan program professional guru juga dibarengi dengan kesejahteraan.
Persepsi guru dalam pengajaran menggunakan VTR adalah:
1. 100% dari jumlah total peserta dirasakan bahwa pengajaran yang tercermin dalam VTR adalah model yang baik mengajar matematika.
2. 80% dari jumlah total peserta dirasakan bahwa pengajaran di VTR adalah model yang baik dan perlu disosialisasikan kepada guru-guru lain.
3. 73,3% dari jumlah total peserta dirasakan bahwa mereka bersedia dibahas untuk rekan-rekan mereka setelah pelatihan.
4. 95% dari jumlah total peserta dirasakan bahwa pengajaran di VTR adalah model yang baik namun masih ada beberapa kendala untuk menerapkannya.
5. 53,3% dari jumlah total peserta dirasakan bahwa kendala untuk menerapkan model pengajaran yang baik adalah bahwa kurangnya guru waktu.
6. 33,3% dari jumlah total peserta dirasakan bahwa kendala untuk menerapkan model pengajaran yang baik adalah ketidaksiapan dari siswa
7. 26,67% dari jumlah total peserta dirasakan bahwa kendala untuk menerapkan model pengajaran yang baik adalah batas anggaran
8. 47% dari jumlah total peserta dirasakan bahwa kendala untuk menerapkan model pengajaran yang baik adalah kurangnya fasilitas pendidikan.
9. 25,6% dari jumlah total peserta dirasakan bahwa mereka optimis mampu menerapkan model pengajaran yang baik oleh waktu additionl pengajaran dan mengembangkan persiapan pelajaran.
10. 42% dari jumlah total peserta merasa bahwa untuk melaksanakan hal ini baik model mengajar, mereka perlu meningkatkan kompetensi mereka isi pengajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar